Belajar Silaturrahim pada Hewan dan Tumbuhan

Belajar Silaturrahim pada Hewan dan Tumbuhan – Kita dapat belajar dari hewan, itulah suatu contoh cara melakukan silaturrahim kepada para binatang. Suatu contoh, misalnya kita dapat belajar dari telur ayam. Telur yang asalnya bulat dan di dalamnya berisi cairan, tetapi setelah dierami dua puluh satu hari oleh induknya, telur tersebut dapat pecah dan menetas menjadi seekor anak ayam.

Belajar Silaturrahim pada Hewan dan Tumbuhan

Dari peristiwa tersebut kita dapat mengambil pembelajaran tentang kekuasaan Allah. Sungguh memang kekuasaan Allah, sampai-sampai telur yang mulanya berisi cairan dapat berubah menjadi seekor anak ayam. Tidak hanya itu, kita juga dapat belajar dari lebah. Kita dapat bersilaturrahim kepada lebah.

Lebah sangat disiplin dan pekerja keras yang sangat handal. Sarangnya dibangun berbentuk segi enam yang telah terbukti sangat ekonomis dan kuat dibandingkan bila segi empat atau lima, juga di samping itu lebah dapat menghasilkan cairan yang disebut madu.

Madu ini banyak sekali manfaatnya, di samping madu dapat dijadikan sebagai multivitamin, madu juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati beberapa penyakit kronis lainnya, yang di antaranya seperti gejala tipus, demam berdarah, juga penyakit-penyakit lainnya. Lebah dapat menghasilkan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup.

Kita sebagai manusia sempuma yang dikaruniai akal untuk berpikir seharusnya tidak boleh kalah dengan lebah yang hanya dikaruniahi akal tetapi tidak dapat dipergunakan untuk berpikir. Kita sebagai manusia harus mampu berbuat baik kepada manusia yang lain dan terutama seseorang yang berada di samping kita.

Kita harus menghasilkan yang terbaik dari hidup kita yang hanya satu kali ini berlangsung di dunia, terlebih-lebih menghasilkan yang terbaik untuk diri kita di mata Allah SWT dengan jalan silaturahim ini. Selain lebah dan telur, kita juga dapat belajar dari binatang kecil yang berwama hitam gelap, yakni semut.

Semut adalah binatang kecil pemakan gula tapi tidak pernah sakit gula (diabetes). Resepnya adalah karena semut rajin melakukan silaturrahim. Kita bisa melihatnya secara langsung dari binatang kecil ini. Setiap kali mereka berpapasan dengan semut-semut yang lain, mereka saling menyapa dan yang paling indah adalah mereka saling bersalaman dengan semut-semut yang lain (dapat kita lihat dari kedua kepala semut yang saling bertemu).

Di samping itu, apabila seekor semut menemukan rezeki, mereka tidak mau memakannya sendirian akan tetapi memberi tahu kepada semut-semut yang lainnya. Setelah mereka berkumpul semua, barulah makanan itu mereka nikmati bersama.

Pada tahun 2006 ada sebuah penelitian yang meneliti tentang dua buah tanaman di kebun. Untuk tanaman yang pertama, setiap hari diperhatikan, diajak bicara, dielus-elus dan dirawat dengan penuh kasih sayang, tetapi untuk tanaman yang kedua, perlakuannya lain. Tanaman yang kedua ini, setiap hari tidak pemah diperhatikan, dielus-elus, dan dirawat dengan penuh kasih sayang.

Setelah satu bulan kemudian, peneliti tersebut melihat kedua tanaman tadi. Masya Allah, Allah memang Maha Besar, tanaman yang pertama dengan tanaman yang kedua sangat terlihat perbedaannya. Tanaman yang pertama tumbuhnya lebih subur, segar, dan buahnya lebih banyak, sedangkan tanaman yang kedua, tubuhnya lebih kurus dan kelihatan pertumbuhannya kurang subur.

Padahal setiap hari kedua tanaman tersebut sama-sama mendapatkan siraman air dan pencahayaan sinar matahari yang cukup. Mungkin dari situlah kita dapat mengambil pembelajaran tentang silaturrahim pada tanaman. Mengetahui kekuasaan-kekuasaan Allah lewat sebuah tanaman.

Allah yang Maha Sempurna memerintahkan kita untuk bersilaturrahim tidak hanya kepada manusia saja, melainkan kepada makhluk-makhluk lainnya seperti hewan dan tanaman dan dari silaturrahim tersebut, manfaatnya juga akan kembali lagi kepada kita.

Demikian info tentang Belajar Silaturrahim pada Hewan dan Tumbuhan semoga bermanfaat.

Sumber: Rahasia Dahsyatnya Silaturrahim, Amin Ahmadi

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.