Hikmah dibalik Silaturrahim

Hikmah dibalik Silaturrahim – Ada sebuah hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Hadits tersebut yakni: “Barang siapa yang ingin dimudahkan rezeki dan dipanjangkan usianya hendaklah ia senantiasa menjaga silaturahim”. (HR. Muslim, dari Anas bin Malik RA)

Hidup di dunia memang tidak akan pernah lepas dari masalah, bahkan masalah-masalah itu akan senantiasa muncul setiap hari dalam kehidupan kita. Kita tidak boleh putus asa di dalam menghadapai masalah-masalah tersebut, karena masalah-masalah tersebut datangnya dari Allah untuk menguji manusia di muka bumi ini.

Hikmah dibalik Silaturrahim

Masalah-masalah ini akan selalu datang kepada kita karena Allah ingin menguji kita untuk ditempatkan pada tingkat derajat yang semakin tinggi di sisi-Nya. Pada zaman dahulu, Rasulullah SAW pernah dicoba oleh Allah. Cobaan tersebut benar-benar berat sampai-sampai Rasulullah SAW hampir berputus asa menerimanya.

Setiap masalah memang harus dihadapi dengan sabar, kita tidak boleh berputus asa di dalam mengahadapainya. Setiap orang apabila ingin dinaikkan derajatnya oleh Allah SWT, pasti orang tersebut akan selalu diuji dengan cobaan-cobaan yang seakan berat tetapi cobaan-cobaan tersebut sesungguhnya tidaklah berat.

Karena Allah SWT tidak akan menguji seseorang diluar batas kemampuan orang tersebut. Begitu juga dengan Rasulullah SAW, beliau diuji oleh Allah sebagaimana yang disebutkan di dalam surat Al-Baqarah ayat 214 yang berbunyi:

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang padamu cobaan sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa malapetaka dan kesengsaraan, serta diguncangkan dengan bermacam-macam cobaan, sehingga berkatalah Rasulullah SAW beserta orang-orang muslim yang bersamanya, ‘Bilakah datangnya pertolongan Allah? Ingatlah sesungguhnya pertolongan Allah itu sangat dekat’ ”.

Setiap orang pasti akan dicoba oleh Allah SWT untuk ditempatkan pada derajat yang paling tinggi dan kunci utama untuk meringankan cobaan tersebut salah satunya adalah dengan bersilaturrahim. Mengapa?

Karena dengan bersilaturrahim ini kita mengunjungi saudara kita, teman kita, kerabat kita, atau pun keluarga kita dan bukan hanya mendatangi mereka, tetapi di dalam silaturrahim tersebut akan terjadi hubungan yang di dalam hubungan itu ada saat-saat untuk bertukar pengalaman, bercerita tentang kehidupan atau pun bercerita tentang masalah-masalah yang sedang kita hadapi sekarang.

Nah, dengan bertukar pengalaman maupun bercerita inilah, kita akan mengetahui masalah-masalah yang tengah menghadang seseorang yang ada di depan kita. Mulai dari mendengarkan masalah itulah akan tumbuh suatu perasaan dalam jiwa kita untuk saling membantu, mendukung, dan saling mensuport.

Di sinilah letak hikmah dari silaturrahim yang sedang kita amalkan sekarang. Dengan bersilaturrahim ini, masalah apa pun yang sedang menimpa kita, mampu kita hadapi dengan tegar karena seseorang yang kita kunjungi ini akan membantu, mensuport, dan mendukung kita dalam menghadapai masalah-masalah yang sedang kita hadapi sekarang.

Di situlah rahmat dan kasih sayang Allah tercurah kepada kita lewat perantaraan seseorang yang sedang kita kunjungi. Rahmad dan kasih sayang Allah SWT akan senantiasa menyertai kita apabila tali silaturrahim ini tetap terjalin di antara kita.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya rahmat Allah tidak akan turun kepada suatu kaum yang di dalamnya ada orang yang memutuskan tali persaudaraan”.

Dari hadits tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa rahmat Allah itu tidak akan tercurah kepada seseorang yang memutuskan tali persaudaraan atau memutuskan tali silaturrahim. Dari hadits tersebut kita juga dapat belajar tentang arti pentingnya menjalin tali silaturrahim.

Demikian info tentang Hikmah dibalik Silaturrahim semoga bermanfaat.

Sumber: Rahasia Dahsyatnya Silaturrahim, Amin Ahmadi

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.