Keutamaan Menjalin Hubungan Silaturrahim

Keutamaan Menjalin Hubungan Silaturrahim – Ada sebuah hadits yang pernah diriwayatkan oleh Abu Hurairah R.A. Hadits tersebut yakni:

Rasulullah SAW bersabda: “Ada seorang laki-laki bersilaturahim kepada saudaranya yang tinggal di desa lain, maka Allah mengutus seorang malaikat untuk menemuinya. Tatkala bertemu dengan lelaki tersebut maka malaikat bertanya, “Hendak ke manakah saudara?”

Lelaki tersebut menjawab, “Saya ingin bersilaturahim kepada saudaraku di desa ini”. Malaikat kembali bertanya, “Apakah kamu menziarahinya karena ada sesuatu kenikmatan yang akan engkau raih?”

Lelaki tersebut menjawab, “Tidak, saya melakukan silaturahim ini semata-mata kecintaan saya terhadapnya karena Allah”.

Malaikat kemudian berkata, “Sesungguhnya saya diutus Allah menemui kamu untuk menyampaikan bahwa Allah mencintaimu sebagaimana kamu mencintai saudaramu karena-Nya”.

Keutamaan Menjalin Hubungan Silaturrahim

Dari hadits tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa silaturahim merupakan salah satu perintah Allah yang sangat dianjurkan. Di zaman yang sekarang ini semuanya serba canggih, demikian juga alat transportasi dan komunikasi, hal ini seharusnya menambah semangat kaum muslimin untuk bersilaturahim. Silaturahim merupakan salah satu perbuatan yang mulia karena dapat menyempurnakan rasa cinta dan kasih sayang antar umat manusia.

Allah SWT telah menyerukan hambanya untuk bersilaturrahim atau menyambung tali persaudaraan di dalam kitab suci Al-Qur’an. Firman Allah di dalam surat An-Nisa’ ayat 1:

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri (Adam) dan daripadanya Allah menciptakan istrinya (Hawa). Dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.

Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain dan peliharalah hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu”. (An-Nisa’ : 1)

Juga sabda Rasulullah SAW di dalam sebuah hadits-nya yang berbunyi: “Barang siapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim”.

Dari hadits tersebut kita dapat mengambil pelajaran bahwa orang-orang yang bersilaturrahim atau menyambung tali persaudaraan akan dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya oleh Allah SWT.

Itulah sebagian kecil dari keutamaan-keutamaan silaturrahim, selain itu masih ada banyak lagi keutamaan-keutamaa lainnnya yang tentunya sangat besar manfaatnya bagi orang-orang yang mengamalkannya di antaranya :

  • Akan diluaskan rizkinya
  • Tidak akan menemui masa-masa sulit
  • Akan dipanjangkan umurnya
  • Menjadi manusia yang akan selalu dekat dengan Allah SWT
  • Akan dimasukan ke dalam golongan orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir
  • Akan diperbanyak keturunannya
  • Allah akan menyambungnya
  • Akan dimakmurkan negerinya
  • Menjadikan seseorang masuk surge
  • Akan disegerakan pahalanya
  • Amalan yang paling dicintai Allah
  • Menghindarkan sebab-sebab su’ul khatimah
  • Menjadi benteng di dalam kubur
  • Silaturrahim merupakan wasiat Nabi Muhammad SAW

Demikian info tentang Keutamaan Menjalin Hubungan Silaturrahim semoga bermanfaat.

Sumber: Rahasia Dahsyatnya Silaturrahim, Amin Ahmadi

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.