Menjalin Silaturrahim adalah Bukti Cinta Kepada Allah dan Rasul-Nya

Menjalin Silaturrahim adalah Bukti Cinta Kepada Allah dan Rasul-Nya – Mencintai Allah dapat dilakukan dengan cara menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, sedangkan mencintai Rasul-Nya dapat dilakukan dengan cara mengikuti sunnahnya. Silaturrahim merupakan perintah Allah yang sangat dianjurkan dan silaturrahim juga merupakan sunnah Rasulullah SAW.

Menjalin Silaturrahim adalah Bukti Cinta Kepada Allah dan Rasul-Nya

Allah SWT berfirman:

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari, seorang diri (Adam) dan daripadanya Allah menciptakan istrinya (Hawa). Dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain dan peliharalah hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu”. (An-Nisa’: 1)

Rasulullah SAW bersabda: “Takutlah kepada Allah dan sambunglah tali silaturrahim”. (HR. Baihaqi. Dinyatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)

Firman Allah dan hadits Rasulullah SAW di atas, adalah bukti dianjurkannya menjalin silaturrahim. Jikalau kita mengaku mencintai Allah dan Rasul-Nya seharusnya kita mau menjalankan semua perintah-Nya, yang di antara perintah tersebut adalah menjalin silaturrahim. Oleh sebab itu, kita harus mau menjalin silaturrahim.

Allah SWT berfirman:

“Katakanlah, jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Katakanlah, Taatilah Allah dan Rasul-Nya, jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir.

Ayat yang mulia di atas menunjukkan bahwa setiap orang yang mengaku mencintai Allah SWT dan Rasul-Nya akan tetapi ia tidak mengikuti petunjuk dan sunnah Nabi Muhammad SAW maka pengakuannya itu dusta belaka, hingga dia mengikuti sunnah Rasulullah SAW dalam setiap perkataannya dan perbuatannya.

Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk menjalin tali silaturrahim, oleh karena itu kita sebagai umatnya apabila kita mengaku mencintai beliau, maka seharusnya kita mau melakukan apa yang dilakukan/diperintahkan oleh beliau yakni menjalin silaturrahim.

Imam Al-Hasan Al-Bashri dan sebagian besar ulama (jumhurul ulama) mengatakan bahwa “Apabila suatu kaum mengaku mencintai Allah SWT, maka Allah akan menguji mereka dengan ayat ini, Allah akan menguji mereka sebagaimana yang tertera di dalam firman Allah surat Ali Imran ayat 31 – 32 yang artinya berbunyi:

“Katakanlah, Jika kamu benar-benar mencintai Allah, maka ikutilah Aku niscaya Allah mencintai dan mengasihi kamu”.

Kemudian Allah melanjutkan firman-Nya di atas yang artinya berbunyi: “Dan mengampuni dosa-dosa kamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Kata ‘Aku’ di dalam surat Ali Imran di atas adalah Rasulullah SAW, jadi, apabila kita sudah mau mengikuti dan meneladani Rasulullah SAW maka kita baru dapat dikatakan sebagai makhluk/umat yang benar-benar mencintai Allah.

Selanjutnya dalam firman-Nya di atas, Allah melanjutkan dengan memerintahkan umat manusia untuk menaati-Nya dan menaati Rasul-Nya. A1lah berfirman: “katakanlah, Taatlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan jika kamu berpaling (melanggar dan tidak menaati perintah-Nya), Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir”.

Arti dari firman Allah di atas menunjukkan bahwa seseorang itu harus mengikuti anjuran Rasulullah SAW. Apabila kita tidak menaati / melanggar perintah-Nya, maka itu termasuk perbuatan kufur dan Allah tidak menyukai seseorang yang mempunyai sifat ini sekali pun orang tersebut mengira bahwa dirinya mencintai Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Apabila kita mengaku cinta kepada Allah, maka kita harus cinta kepada Rasul-Nya terlebih dahulu. Dengan cinta kepada Rasul-Nya, Allah secara otomatis akan mencintai diri kita. Kita dapat mencintai Rasulullah SAW dengan cara menjalankan sunnah-sunnah beliau dengan cara ittiba’irrasul, mengikuti perkataan dan perbuatan beliau.

Nah, silaturrahim adalah salah satu perintah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Apabila kita mengaku cinta kepada beliau, kita harus mau mengikuti perbuatannya, yakni silaturrahim.

Demikian info tentang Menjalin Silaturrahim adalah Bukti Cinta Kepada Allah dan Rasul-Nya semoga bermanfaat.

Sumber: Rahasia Dahsyatnya Silaturrahim, Amin Ahmadi

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.