Menjauhi Saudara karena Allah

Menjauhi Saudara karena Allah – Di dalam postingan ini akan diberikan sedikit gambaran tentang kisah Rasulullah SAW dan sahabatnya ketika menjauhi saudaranya. Kisah-kisah tersebut antara lain:

Rasulullah SAW pernah menjauhi ketiga orang sahabatnya selama 50 hari dikarenakan ketiga orang sahabat Rasulullah tersebut tidak mau ikut serta dalam Perang Tabuk. Setelah beberapa hari dijauhi Rasulullah, ketiga orang tersebut merasa kebingungan dan kesepian karena tidak ada seorang pun yang mau bergaul, berbicara, dan memberi salam kepada mereka. Begitulah seterusnya sampai mereka bertaubat dan meminta maaf kepada Rasulullah SAW, sehingga akhirnya Allah SWT menurunkan ayat tentang diterimanya taubat mereka itu.

Menjauhi Saudara karena Allah

Dan pernah juga Rasulullah SAW menjauhi sebagian isterinya selama 40 hari. Hal yang sama juga pernah dilakukan oleh Ibnu Umar kepada anaknya dikarenakan anaknya tidak mau mengoreksi hadits yang diterima dari ayahnya. Hadits tersebut berasal dari Rasulullah SAW tentang dilarangnya seorang laki-laki menghalang-halangi istrinya pergi ke masjid. Ibnu Umar akhirnya menjauhi anaknya sampai ia meninggal dunia.

Kita diperbolehkan menjauhi seseorang, tetapi kita tetap diharamkan dalam memutuskan hubungan dengam mereka. Kita diperbolehkan menjauhi seseorang karena Allah. Apabila kita sudah beriman kepada Allah, maka semua perasaan dalam diri kita, mulai dari cinta sampai benci itu harus didasarkan karena Allah. Adapun menjauhi seseorang karena kepentingan duniawi, maka sesungguhnya duniawi itu harus lebih dikesampingkan dalam hubungannya dengan Allah dan seorang muslim.

Daripada membawa kepada sikap menjauhi dan memutuskan tali persaudaraan antara seorang muslim dengan seorang muslim lainnya, sebab memutuskan hubungan persaudaraan seperti itu akan dapat menghalangi pengampunan dosa dan rahmat Allah. Sebagaimana yang diterangkan di dalam hadits Rasulullah SAW di bawah ini :

Rasulullah SAW bersabda: “Pintu-pintu surga akan dibuka pada hari Isnin dan Khamis, kemudian Allah akan memberi ampunan kepada setiap orang yang tidak menyekutukan-Nya sedikitpun, kecuali seorang laki-laki yang ada perpisahan antara dia dengan saudaranya. Maka berkatalah Allah: Tangguhkanlah kedua orang ini sehingga mereka berdamai, tangguhkanlah kedua orang ini sehingga mereka berdamai, tangguhkanlah kedua orang ini sehingga mereka berdamai.” (Riwayat Muslim)

Jikalau seseorang berada di pihak yang salah, maka cukup kiranya seseorang tersebut datang dan meminta maaf, selanjutnya pihak yang benar harus memberi maaf. Dengan demikian, maka selesailah persengketaan di antara mereka.

Demikian info tentang Menjauhi Saudara karena Allah semoga bermanfaat.

Sumber: Rahasia Dahsyatnya Silaturrahim, Amin Ahmadi

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.