Sebuah Kisah Hikmah Silaturrahim

Sebuah Kisah Hikmah Silaturrahim – Berikut ini ada cerita tentang sebuah peristiwa besar yang menyangkut hikmah silaturrahim yaitu :

Kisah pertama

Ketika hari pertama bulan puasa, ada seorang ustadz yang mengadakan acara buka puasa bersama di rumahnya. Acara tersebut bukanlah acara biasa karena yang diundang adalah para tokoh-tokoh masyarakat, pejabat, anak yatim piatu, para pemuka agama, serta beberapa tetangganya.

Sebuah Kisah Hikmah Silaturrahim

Setelah jarum jam dinding menunjuk pada angka lima, para undangan pun mulai berdatangan. Di antara tamu-tamu yang hadir itu, ada salah seorang yang berpakaian compang-camping, kotor, mirip seperti pengemis, sehingga ia sangat kelihatan berbeda dengan tamu-tamu lainnya yang berpakaian koko.

Ketika melihat orang tersebut, Si tuan rumah merasa kurang enak karena kehadirannya. Setelah dicek, ternyata orang tersebut tidak termasuk dalam daftar undangan. Lalu si tuan rumah menyuruh keluarganya untuk membujuk orang (yang seperti pengemis) tersebut agar bersedia keluar. Walaupun pihak keluarga sudah menyuruhnya keluar, tetapi tetap saja orang tersebut tidak mau keluar.

Lalu disuruhlah para tamu undangan untuk bergeser sedikit ke dalam rumah sehingga mengakibatkan orang tersebut (yang seperti pengemis) sendirian di luar rumah. Karena orang tersebut (yang seperti pengemis) merasa dikucilkan dan tidak ada satu orang pun yang mau berdampingan dengannya, akhimya ia pun memutuskan untuk keluar dari rumah itu.

Ketika ia sudah sampai di depan pintu halaman rumah, ia hendak bersalaman dengan beberapa pihak keluarga tetapi pihak keluarga tetap saja tidak memperdulikannya, Mereka semua malah pergi menjauhi orang tersebut. Bersamaan dengan kepergiannya, para undangan yang duduk di dalam rumah terkejut mendengar suara petir yang sangat dahsyat.

Kemudian ada salah seorang ulama yang membisikkan kepada si tuan rumah agar mencari orang yang pergi tersebut. Pihak keluarga pun mencari orang tersebut, tetapi walau sudah sampai di batas desa, orang tersebut tetap saja tidak diketemukan padahal orang tersebut hanya berjalan kaki dan jarak antara rumah si tuan rumah dengan perbatasan desa hampir lima ratus meter.

Pihak keluarga pun pulang dengan tangan hampa. Akhirnya, si ulama tadi berbisik kepada si tuan rumah kalau jangan-jangan orang yang berpakaian compang-camping tadi (yang seperti pengemis) itu adalah nabi Khidir. Si tuan rumah pun terkejut, lalu mengucapkan kalimat istighfar.

Cerita di atas adalah bukti kekuasaan Allah yang menyangkut silaturrahim. Seandainya si tuan rumah tadi menghormati orang yang datang ke rumahnya, mungkin si tuan rumah tersebut termasuk orang yang beruntung karena tidak semua orang dapat bertemu dengan Nabi Khidir. Orang yang ingin dapat bertemu dengan Nabi Khidir harus benar-benar suci baik suci dari dosa kecil maupun dosa besar.

Kisah kedua

Ada sebuah kisah dari Seorang sahabat Rasulullah SAW yang bernama Abu Afwa. Ketika Abu Afwa sedang duduk di samping Rasulullah SAW, tiba-tiba Rasulullah SAW bersabda kepada orang yang berada di sampingnya: “Jangan duduk bersamaku hari ini orang yang memutuskan tali silaturrahim”.

Setelah itu, seorang pemuda yang tadinya duduk di dekat Rasulullah itu berdiri dan meninggalkan Rasul beserta Abu Afwa. Ditelusuri, rupanya seorang pemuda yang tadinya duduk di samping Rasulllah SAW itu sudah lama memendam permusuhan dengan bibinya.

Ia segera meninggalkan Rasulullah SAW dan segera meminta maaf kepada bibinya tersebut dan bibinya pun memaafkannya. Akhirnya, Ia pun kembali ke majelis dan duduk di samping Rasulullah SAW dengan hati yang tenang.

Demikian info tentang Sebuah Kisah Hikmah Silaturrahim semoga bermanfaat.

Sumber: Rahasia Dahsyatnya Silaturrahim, Amin Ahmadi

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.