Silaturrahim dapat Membuat Seseorang Dekat dengan Allah

Silaturrahim dapat Membuat Seseorang Dekat dengan Allah – Dari Aisyah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Silaturahim itu tergantung di ‘Arsy (Singgasana Allah). Barang siapa yang menyambungku maka Allah akan menyambung hubungan dengannya, dan barang siapa yang memutuskanku maka Allah akan memutuskan hubungan dengannya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Silaturrahim dapat Membuat Seseorang Dekat dengan Allah

Di samping hadits di atas, ada satu lagi hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dan dinyatakan shahih oleh Imam Albani. Hadits tersebut yakni: Rasulullah SAW bersabda, “Silaturrahim dapat memperpanjang umur, sedangkan sedekah dengan sembunyi-sembunyi dapat meredam murka Allah”. (HR. Ath-Thabrani, dinyatakan hasan oleh Al Albani).

Selain dekat dengan Allah, silaturrahim juga dapat membuat kita mendapatkan keutamaan-keutamaan lain seperti :

1. Akan dimasukan ke dalam golongan orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir

Dari Abu Hurairah RA berkata: “Sesunguhnya Rasulullah SAW bersabda, Barang siapa yang beriman pada Allah dan hari akhir maka lakukanlah silaturahim”. (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Allah akan menyambungnya

Barang siapa yang disambung oleh Allah SWT, maka orang tersebut akan selalu dekat dengan Allah dan barang siapa yang dekat dengan Allah, pasti orang tersebut adalah orang yang selamat di dunia maupun di akhirat. Orang tersebut akan selalu dilindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan dan orang tersebut akan selalu terhindar dari perbuatan-perbuatan dosa.

Rasulullah SAW juga bersabda di dalam sebuah haditsnya yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Hadits tersebut yakni: Rasulullah SAW bersabda, “Allah berfirman kepada tali silaturrahim: “Tidakkah engkau ridha bila Aku sambung seseorang yang menyambungmu?” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Menjadikan seseorang masuk surga

Menyambung tali persaudaraan atau silaturrahim adalah salah satu penyebab dimasukkannya seseorang ke dalam surga. Hal tersebut sesuai dengan hadits Rasulullah SAW. Di dalam hadits tersebut diceritakan:

Dari Abu Ayyub al Anshari, bahwasanya ada seorang lelaki yang bertanya kepada Rasulullah SAW, “Beritahukanlah kepadaku tentang suatu amalan yang dapat memasukkan seseorang ke dalam surga”.

Maka Rasulullah SAW menjawab: “Hendaklah engkau menyembah Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun, mendirikan shalat, membayar zakat dan menyambung tali silaturrahim”. (HR. Al Bukhari)

4. Akan disegerakan pahalanya

Hal tersebut sesuai dengan hadits Rasulullah SAW tentang orang-orang yang rajin mengamalkan silaturrahim. Orang-orang tersebut akan disegerakan pahalanya oleh Allah SWT kelak di akhirat. Hadits yang menjadi dalil tersebut juga tertulis di dalam kitab At Targhib. Hadits tersebut berbunyi:

Nabi SAW bersabda, “Sambunglah tali silaturrahim kalian. Sesungguhnya tiada sebuah pahala pun yang akan disegerakan (pemberiannya) dibanding dengan pahala menyambung tali silaturrahim”.

5. Amalan yang paling dicintai Allah

Rasulullah SAW bersabda, “Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah beriman kepada Allah, lalu menyambung tali silaturrahim, lalu beramal makruf nahi munkar”. (HR. Abu Ya’la, dinyatakan shahih oleh Al Albani) 

Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ya’la dan dinyatakan shahih oleh Imam Albani tersebut menunjukkan bahwa silaturrahim merupak sebuah amalan/perbuatan yang paling dicintai oleh Allah SWT.

6. Menghindarkan sebab-sebab su’ul khatimah

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah haditsnya yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam Hakim, serta dishahihkan oleh Imam Albani. Hadits tersebut yakni:

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang ingin dipanjangkan umurnya, dilapangkan rezekinya dan dihindarkan dari su’ul khatimah, maka hendaklah ia bertakwa kepada Allah dan menyambung tali silaturrahim”. (HR. Ahmad dan Al Hakim, dishahihkan al Albani).

Demikian info tentang Silaturrahim dapat Membuat Seseorang Dekat dengan Allah semoga bermanfaat.

Sumber: Rahasia Dahsyatnya Silaturrahim, Amin Ahmadi

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.