Silaturrahim Dapat Membuka Pintu Rezeki

Silaturrahim Dapat Membuka Pintu Rezeki – “Siapa yang senang untuk dilapangkan rezekinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya) maka hendaklah ia menyambung tali silaturrahim”. (HR. Bukhari)

Di antara pintu-pintu rezeki adalah silaturrahim. Orang-orang yang banyak melakukan perbuatan mulia ini akan dibukakan pintu rezekinya oleh Allah SWT dan sebaliknya, orang-orang yang kurang melakukan perbuatan mulia ini pintu rezekinya akan dikurangi atau bahkan ditutup oleh Allah SWT.

Silaturrahim Dapat Membuka Pintu Rezeki

Silaturrahim adalah salah satu inti dari ajaran Islam baik ditinjau dari segi keagamaan, hubungan satu sama lain atau pun dari segi ekonomi yang akan memberikan dampak yang sangat luas. Dalam ilmu komunikasi, makna silaturrahim adalah membangun jaringan atau networking.

Dengan bersilaturrahim, kita akan mempunyai banyak teman, saudara, sahabat, dll, dengan begitu, kita bisa meminta bantuan kepada mereka jikalau kita sedang membutuhkan suatu bantuan dan begitu pula sebaliknya.

Suatu contoh, ketika kita tidak mempunyai uang, kita dapat meminjam uang kepada mereka. Jikalau mereka mempunyai uang, mereka pasti akan meminjami kita, dikarenakan mereka sudah menaruh kepercayaan kepada kita. Inilah berkah daripada silaturrahim yang kita bina dengan mereka.

Inilah berkah daripada silaturrahim sebagai suatu amalan yang mempermudah datangnya rezeki. Mereka (orang yang kita jalin silaturrahim) otomatis akan menaruh kepercayaan kepada kita karena kita telah mendekati hati mereka dengan silaturrahim.

Ketika mereka sudah menaruh kepercayaan kepada kita, mereka pasti mau untuk meminjami uang / membantu sesuatu hal yang kita butuhkan. Lain halnya apabila mereka belum percaya kepada kita, maka ketika kita meminta bantuan kepada mereka, mereka pasti tidak akan menghiraukannya atau mereka tidak akan mau untuk membantu kita.

Oleh sebab itu, jalinlah silaturrahim mulai dari sekarang. Jangan pernah memandang ras, suku, warna kulit atau perbedaan-perbedaan lain yang mencolok di antara kita ketika kita akan menjalin silaturrahim karena sesungguhnya Allah SWT tidak menilai seseorang dari semua itu tetapi Allah SWT menilai seseorang itu dari amal baik yang pernah dilakukannya.

Imam Syafi’i pernah menulis puisi: “Berjalanlah, sebab berjalan memiliki lima manfaat: menghilangkan stress dan kesedihan. Menambah rezeki. Bertambahnya ilmu pengetahuan dan pengalaman. Mengenal norma dan etika sehingga semakin santun. Serta akan memperbanyak teman dan relasi”.

Di bawah ini saya juga akan cantumkan beberapa hadits dan atsar yang menunjukkan bahwa Allah SWT menjadikan silaturrahim termasuk di antara sebab-sebab dibukanya pintu rezeki. Di antara hadits-hadits dan atsar-atsar tersebut adalah:

1. Hadist Riwayat Imam Al-Bukhari

Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa, Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang senang untuk dilapangkan rezekinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya) maka hendaklah ia menyambung tali persaudaraan”.

Dari sebuah hadits yang Imam Al-Bukhari dan Anas Bin Malik Radhiyallahu’anhuma bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang suka untuk dilapangkan rezekinya dan diakhirkan usianya (dipanjangkan umurnya), hendaklah ia menyambung silaturrahim”.

2. Hadist Riwayat 3 Imam

Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, At-Tirmidzi dan Al-Hakim dari Abu Hurairah, dari Rasulullah SAW bersabda: “Belajarlah tentang nasab-nasab kalian sehingga kalian bisa menyambung silaturrahim karena sesungguhnya silaturrahim adalah sebab-sebab adanya kecintaan terhadap keluarga (kerabat dekat), sebab banyaknya harta dan bertambahnya usia”.

Dalam hadits tersebut Rasulullah SAW menjelaskan bahwa silaturrahim dapat membuahkan tiga hal kebaikan, yang di antaranya adalah menjadi sebab banyaknya harta.

3. Hadist Riwayat Lain

Dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abdullah bin Ahmad, Al-Bazzar dan Ath-Thabrani dari Ali Bin Abi Thalib bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang senang untuk dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya serta dihindarkan dari kematian yang buruk maka hendaklah ia bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturrahim”.

Dari hadits tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ada tiga manfaaat besar yang akan diraih bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT dan orang-orang yang mau menyambung silaturrahim. Tiga manfaat besar tersebut di antaranya adalah keluasan rezeki”.

Dari hadits tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa sesungguhnya silaturrahim itu dapat membuahkan dua hal yakni kelapangan rezeki dan bertambahnya usia. Ini adalah tawaran terbuka yang disampaikan oleh satu-satunya manusia yang paling mulia di sisi Allah, manusia yang menjadi pemimpin seluruh umat manusai di dunia, manusia yang dikaruniai sifat jujur dan dapat dipercaya, yakni Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itu barang siapa yang menginginkan dua hal di atas hendaklah ia menyambung silaturrahim.

Demikian info tentang Silaturrahim Dapat Membuka Pintu Rezeki semoga bermanfaat.

Sumber: Rahasia Dahsyatnya Silaturrahim, Amin Ahmadi

 

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.