Silaturrahim melalui SMS

Silaturrahim melalui SMS – Di zaman yang modem ini, apa sih yang tidak mungkin? Ya, semua sekarang sudah serba canggih alias serba mungkin. Cara bersilaturrahim dari zaman dahulu hingga sekarang ini juga sudah mengalami pergeseran, bergeser ke zaman yang modern.

Di zaman dahulu, silaturrahim dilakukan dengan cara berkunjung atau saling mengunjungi, bertamu ke rumah sanak famili atau kerabat, hingga sekarang yang sistemnya lebih canggih lagi yakni dengan sistem SMS (short message service).

Silaturrahim melalui SMS

Suatu contoh, beberapa hari menjelang bulan Ramadhan atau hari raya Idul Fitri banyak orang yang disibukan dengan kegiatan mengirim SMS berisi ucapan selamat menjalankan ibadah puasa / selamat Idul Fitri kepada sanak saudara, kerabat, sahabat, dan teman.

Bila bulan puasa atau hari lebaran telah tiba, bisa dicek langsung dari handphone kita, di sana kita akan menerima SMS mulai dari puluhan bahkan sampai ratusan SMS yang masuk ke handphone kita, tergantung dari keluasan jaringan yang telah kita miliki. Memang terkadang capek membaca dan menjawab ucapan selamat itu, tetapi semua itu menggambarkan betapa pentingnya kegiatan itu dilakukan.

Karena hal ini sudah menjadi kebiasaan, apabila sapaan atau kalimat yang berisi ucapan itu tidak dikirimkan maka akan melahirkan tanda tanya, mengapa tidak mengirim SMS? Lain halnya kalau mereka sudah mengirimkan SMS kepada kita, perasaan kita sudah menjadi lega dan demikian sebaliknya.

Contoh seperti di atas ini merupakan silaturrahim yang dilakukan melalui SMS. Caranya sangat mudah, bukan? Dan tentu saja sangat murah. Rasulullah SAW bersabda: “Hubungilah kerabatmu walau hanya dengan memberi salam kepadanya”.

Dari hadits Rasulullah SAW di atas, kita dapat mengambil pelajaran dari sana. Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW memerintahkan kepada kita semua agar menghubungi kerabat (keluarga, teman, sahabat) walaupun hanya dengan memberi salam kepadanya. Kita dapat menerapkan hadits / perintah Rasulullah SAW ini dengan sistem SMS.

Ketika kita ber-SMS, kita dapat mengirimkan ucapan-ucapan berisi kalimat tegur, sapa, dan juga salam. Di sinilah letak keunikannya, kita bisa bersilaturrahim di dalamnya. Kita bisa bersilaturrahim melalui SMS. Tetapi sekali pun silaturrahim sudah dilakukan melalui SMS, tidak jarang juga silaturrahim ini dilanjutkan dengan saling mengunjungi satu sama lain.

Terkait dengan silaturrahim ini, hadits Rasulullah SAW memberikan pesan mengenai betapa pentingnya hal itu dilakukan karena hal itu sangat mulia apalagi jikalau silaturrahim ini dilakukan setiap saat, tentunya menjadi bertambah mulia.

Ada sebuah hadits yang juga menceritakan tentang betapa pentingnya  menjalin  silaturrahim, hadits tersebut yakni, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tidak sempurna iman seseorang sehingga ia bersedia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri”.

Isi dari hadits ini sangat menganjurkan kita agar menjalin silaturrahim antar sesama manusia, terlebih-lebih antar sesama orang islam yang telah tergambarkan di dalam hadits tersebut bahwa sesama orang islam itu ibarat satu tubuh, jika bagian dari satu tubuh itu ada yang merasakan sakit, maka bagian yang lainnya juga ikut merasakan sakit dan begitu pula sebaliknya.

Betapa indahnya Islam mengajarkan pada umatnya agar saling menyayangi antar sesama makhluk ciptaan Allah. Silaturrahim memberikan arti bahwa ketika kita menjalankannya, kita akan menyayangi orang yang kita kunjungi dan setelah kita saling menyayangi, selanjutnya akan timbul dalam diri kita sikap saling tolong-menolong.

Kita sebagai seorang muslim seharusnya mewujudkan kecintaan kita terhadap sesama makhluk Allah dan terlebih lagi antar sesama orang islam. Melalui momen silaturrahim lewat SMS ini, suasana saling menyayangi sudah terwujud sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah SWT. Apabila kita bersedia mengirimkan SMS kepada seseorang, otomatis kita pasti sayang kepada mereka.

Namun perlu diketahui juga bahwa silaturrahim tidak sebatas hanya di situ saja melainkan silaturrahim merupakan ajang melahirkan bentuk kegiatan yang nantinya akan mengurangi beban kehidupan seseorang. Kegiatan silaturrahim ini dapat memberikan manfaat yang besar manakala kita dapat mengurangi atau meringankan beban seseorang yang kita kunjungi atau yang kita jalin tali persaudaraannya.

Demikian info tentang Silaturrahim melalui SMS semoga bermanfaat.

Sumber: Rahasia Dahsyatnya Silaturrahim, Amin Ahmadi

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.